Magang di Unilever #Shareforinspire

Melalui tulisan ini gue ingin berbagi informasi mengenai magang di Unilever. So, belakangan banyak yang japri atau chat personal kepingin kerja di Unilever juga, either magang or cari yang emang kerja sebagai staff gitu.

Tulisan ini gue bagikan semata-mata biar rasa penasaran temen-temen bisa terjawab dan barangkali bisa jadi sumber informasi juga.
Jadi, gue magang di Unilever start di bulan juni 2017 dan kontrak sampai november 2017, so total nya 6 bulan, tapi ada juga temen gue namanya Jessica dari ITB yang magang hanya 3 bulan. Gue gak tahu tahapannya dia bisa jadi anak intern gimana. Tapi gue akan membagikan cerita dan asal muasal gue bisa intern yah…. Yukkk disimak ;3

Tahun lalu, di tahun 2016 gue berkesempatan kepilih jadi TOP 30 Finalists UFLL (puji Tuhan banget). Padahal sudah legowo apapun hasilnya karena tau saingannya itu se-INDONESIA, anak-anak yang emang sering ikut lomba, berprestasi lah pokoknya. Nah dari acara UFLL ini, kita kan ikut camp nya gitu di mega mendung kalo ga salah, dari situ Saya ketemu Kak Irma, Kak Ella, Kak puput, Kak Boban, yah pentolan-pentolan Unilever (baca : HR nya Unilever lah). Dari ikut ini gur udah sangat-sangat-sangat excited pengen bisa kerja di Unilever. Work environment nya fun, fasilitasnya menggiurkan, orang-orang di dalamnya juga sangat supportive dan energinya positif, bawaannya happy aja deh pokoknya.

Akhirnya gue menyatakan keinginan gue sama Kak Irma, kak ella dan kak puput kalo gue pengen deh bisa magang di situ apalagi di semester 8 gue emang milih skripsi dan magang. Tapi, yah singkatnya belum ada posisi yang pas sama kualifikasi gue. Gue udah kirim cv juga japri langsung ke Kak Ella tapi ternyata Tuhan belum berkehendak, karena gak ada posisi yang kosong yang mungkin gue memenuhi kriteria itu. Hahaha. Di tengah-tengah itu juga gue sambil ngisi dari web nya Unilever yang khusus untuk internship. Gue pun magang di tempat lain selain Unilever sampai May. Baru deh di pertengahan May itu ada panggilan, gue direkomendasiin Kak Ella untuk mengisi posisi anak magang di bagian Consumer Development, khususnya project yang memang lagi berjalan (kapan-kapan gue share di tulisan berbeda yah tentang kerjaan gue).
Nah, jadi tahap gue bisa akhirnya jadi anak magang itu; kirim CV, ngisi form online di website Unilever, interview langsung sama Line Manager, tes numerik online, dan terakhir medical check up deh.

Terus gue sebenernya agak bimbang untuk magang di Unilever, biasalah idealisme seorang millennial pasti mikir gue mau di kerjaan yang gue suka aja, gue gak mau di A, karena gak sesuai passion gue. Tapi setelah perenungan dan pertimbangan cukup panjang, gue percaya di usia kayak gini kita harus belajar dari seorang leader yang bener-bener bisa menginspirasi dan memotivasi kita. Gue mungkin dulu idealisme pengen punya kerjaan yang gak harus berlama-lama di belakang komputer jadi sales gpp deh, ke lapangan, mobile, dll. Atau kerja di start up sebagai marketing. Tapi balik lagi, yang kita anggap baik belum tentu terbaik buat kita. Maka yang sering gue lakukan adalah brainstorm dan discuss ke orang-orang yang menurut gue berpengalaman dan berpikiran terbuka. Singkatnya, gue mengambil kesempatan emas tersebut. Kesempatan gak datang 2 kali, di Unilever inilah gue akan belajar banyak dan berharap gue pun bisa menghadirkan sesuatu yang positif di lingkungan gue kerja dengan do the best and show the truest color of myself.

Nah, end point nya adalah kalau teman-teman di sini berminat kerja di Unilever, gue udah tanya-tanya ama sesepuh atau senior yang kerjanya udah bertahun-tahun di Unilever, cara mereka masuk ke unilever dan jadi staff di sana beda-beda. Ada jalur UFLP, 3 tahun kalau emang qualified bisa jadi manager, ada yang di rekrut karena ada acara campus hiring, ada yang karena dapet informasi dari sanak-saudara tentang info lowongan di Unilever lalu japri kirim e-mail ke HRD nyaa. Pokoke banyak cara. Yang sekarang gue bisa saranin kalau kalian ngebet banget tapi bingung start nya dari mana, isi aja form online di website nya dulu. Nanti kalau ada kesempatan bisa dipanggil siapa tau. Nah, bukan di Unilever aja, saran gue langsung samperin website dari perusahaan yang bersangkutan. Kita nya pencari kerja yang harus proaktif mengejar kesempatan itu, dan pastikan ketika kesempatan itu ada kalian sudah siap yahhh *
Semoga terjawab yah teman-teman. Kapan-kapan gue mungkin akan share kegembiraan gue di Unilever , hehehe ;p

Dan, postingan ini gue juga mau makasih banget sama Kak Ella, yang merekomendasikan gue ke Line Manager nya, love you kak ella :3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s